Menu

Mode Gelap

Edukasi · 9 Feb 2022 ·

Ini Cara Pengisian PDSS SPAN-UM PTKIN 2022


 Ini Cara Pengisian PDSS SPAN-UM PTKIN 2022 Perbesar

SUNANGUNUNGDJATI.COM – Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk keperluan pendaftaran Seleksi Prestasi Akademik Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN – UM PTKIN) 2022 sudah dibuka.

Ketua Panitia SPAN UM PTKIN Imam Taufiq mengatakan, tahap pengisian PDSS berlangsung dari 7-28 Februari 2022. Pengisian ini dilakukan oleh pihak satuan pendidikan, madrasah, sekolah, atau pondok pesantren.

“Pengisian PDSS menjadi syarat pendaftaran SPAN UM PTKIN. Karenanya satuan pendidikan harus melakukan pengisian dalam rentang waktu yang tersedia,” tegas Imam Taufiq yang juga Rektor UIN Walisongo di Semarang, Selasa (8/2/2022).

“Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren Mu’adalah masing-masing” sambungnya.

Imam menjelaskan, untuk melakukan pengisian PDSS, satuan pendidikan MA/MAK/SMA/SMK sederajat harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Registrasi sekolah. Kode registrasi dapat dilihat pada akun Dapodik dan EMIS sekolah.

Satuan Pendidikan atau Kepala Sekolah juga harus memiliki nomor WhatsApp dan email yang aktif dan dapat dihubungi. Bagi Pondok Pesantren Mu’adalah atau Pendidikan Formal Diniyah (PFD) atau Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) yang belum terdaftar di Dapodik atau belum memiliki NPSN, silakan lakukan permohonan NPSS terlebih dahulu ke panitia.

“Satuan pendidikan selanjutnya melakukan registrasi sekolah pada laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/. Setelah proses registrasi berhasil, satuan pendidikan akan mendapat kiriman password melalui email Kepala Sekolah atau Kepala Madrasah yang telah didaftarkan,” jelas Imam Taufiq.

Setelah itu, lanjut Imam, satuan pendidikan mengakses kembali laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/. Caranya, dengan memilih menu login lalu memasukkan NPSN dan password yang didapat dari email Kepala Sekolah atau Kepala Madrasah. Setelah login, satuan pendidikan mengunggah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kelas X semester 1, Kelas X semester 2, Kelas XI semester 1, Kelas XI semester 2, dan Kelas XII semester 1.

“Pendaftaran PDSS dinyatakan selesai apabila Satuan Pendidikan melakukan Finalisasi Pendaftaran PDSS,” tandasnya.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editorial Team

Baca Lainnya

Top! 3.290 Calon Petugas Haji Ikuti CAT dan Wawacara Tingkat Provinsi

31 Januari 2023 - 21:22

Wafatnya Sang Calon Profesor Pertama Alumnus La Tansa

24 Januari 2023 - 19:11

20 Kampus Islam Negeri Terbaik Indonesia, Referensi SNPMB 2023. No 1 UIN Bandung

22 Januari 2023 - 21:59

3 Langkah Mudah Welas Asih Pada Diri Sendiri

15 Januari 2023 - 09:05

Kemana Arah Pendidikan Indonesia

11 Januari 2023 - 17:01

Keren! Mahasiswa UIN Bandung Raih Juara 1 Lomba Pidato Tingkat Nasional

2 Januari 2023 - 23:59

Trending di Edukasi