Jalan Menuju Prestasi Ala Kelas Menulis

- Editorial Team

Rabu, 4 Januari 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SUNANGUNUNGDJATI.COM-

Wahyudin Darmalaksana, Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

“Aku ingin punya prestasi.”
“Nulis artikel,” kataku spontan.
“Artikel seperti apa?”
“Artikel untuk di kirim ke jurnal imiah,” aku menjelaskan.
“Oh yang biasa dikerjakan di Kelas Menulis itu ya.”
“Iya benar,” kataku.
“Prestasi apa dari itu.”
“Penulisan artikel itu skill. Kalau artikel terbit di jurnal ilmiah, berarti punya skill,” aku menguraikan.
“Gimana mulainya?”
“Cari topik, ikuti modul penulisan, gunakan aplikasi pengutipan Mendeley,” kataku lagi.
“Ribet ya!”
“Praktis koq gak ribet,” aku menyanggah.
“Cara mencari topik gimana?”
“Gagasan apa yang hendak kamu tawarkan untuk kebaikan di masa depan,” kataku.
“Memenuhi undangan pernikahan berbasis online, bisa gak?”

“Bisa,” kataku.
”Lalu.”
“Susun dalam bentuk permasalahan utama, pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian,” sambungku.
“Wah aku gak fokus.”
“Buka modul deh,” tempasku.
“Sebentar, beginikah?”
“Ku koreksi dulu,” kataku.
“Baik.”
“Sekarang lacak di Google Scholar apakah udah ada penelitian sebelumnya tentang hal itu,” kataku.
“Ok.”
“Giman ada gak,” tanyaku.
“Gak ada. Ada juga aplikasi online undangan pernikahan.”
“Baguslah, jadikan hasil penelitian terdahulu itu sebagai pembanding untuk penelitian sekarang yang akan dilakukan,” jelasku.
“Oke, beginikah?”
“Gunakan Mendeley untuk pengutipan,” kataku.
“Gak paham.”
“Buka tutorial di Youtube untuk instalasi Mendeley,” terangku.
“Tunggu.”
“Ok,” kataku.
“Kalo udah pake Mendeley gimana?”
“Buat kerangka berpikir,” kataku.
“Haduh gimana.”
“Tujuan kamu kan mau mengajukan ide untuk memenuhi undangan berbasis online. Nah buat alur proses bisnisnya mulai dari permulaan sampai tujuan akhir,” kataku.
“Wah lanjut nanti aja ya.”
“Sip, jaga kesehatan,” sahutku.

Pos Terkait

6 Etika Silaturrahim
Mudik ke Cianjur
Dari Bandung untuk Dunia
Saatnya Kenali Serba-serbi Publikasi Ilmiah Mahasiswa
RAMADAN DI TATAR SUNDA (8) : Peringatan Turun Wahyu
RAMADAN DI TATAR SUNDA (7) : Tarawih dan Tadarus
Suatu Hari Bersama Sekelompok Sufi
RAMADAN DI TATAR SUNDA (7) : Pakansi Puasa

Pos Terkait

Kamis, 18 April 2024 - 07:30 WIB

6 Etika Silaturrahim

Selasa, 9 April 2024 - 13:25 WIB

Mudik ke Cianjur

Senin, 8 April 2024 - 23:04 WIB

Dari Bandung untuk Dunia

Minggu, 7 April 2024 - 13:19 WIB

Saatnya Kenali Serba-serbi Publikasi Ilmiah Mahasiswa

Sabtu, 30 Maret 2024 - 07:30 WIB

RAMADAN DI TATAR SUNDA (8) : Peringatan Turun Wahyu

Senin, 25 Maret 2024 - 09:48 WIB

RAMADAN DI TATAR SUNDA (7) : Tarawih dan Tadarus

Minggu, 24 Maret 2024 - 09:34 WIB

Suatu Hari Bersama Sekelompok Sufi

Kamis, 21 Maret 2024 - 12:05 WIB

RAMADAN DI TATAR SUNDA (7) : Pakansi Puasa

Pos Terbaru

Reliji

5 Nilai Orang Bertakwa Pasca Idul Fitri

Jumat, 19 Apr 2024 - 09:45 WIB

Nulis

6 Etika Silaturrahim

Kamis, 18 Apr 2024 - 07:30 WIB