Menu

Mode Gelap

Nulis · 4 Jan 2023 ·

Jalan Menuju Prestasi Ala Kelas Menulis


 Jalan Menuju Prestasi Ala Kelas Menulis Perbesar

SUNANGUNUNGDJATI.COM-

Wahyudin Darmalaksana, Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

“Aku ingin punya prestasi.”
“Nulis artikel,” kataku spontan.
“Artikel seperti apa?”
“Artikel untuk di kirim ke jurnal imiah,” aku menjelaskan.
“Oh yang biasa dikerjakan di Kelas Menulis itu ya.”
“Iya benar,” kataku.
“Prestasi apa dari itu.”
“Penulisan artikel itu skill. Kalau artikel terbit di jurnal ilmiah, berarti punya skill,” aku menguraikan.
“Gimana mulainya?”
“Cari topik, ikuti modul penulisan, gunakan aplikasi pengutipan Mendeley,” kataku lagi.
“Ribet ya!”
“Praktis koq gak ribet,” aku menyanggah.
“Cara mencari topik gimana?”
“Gagasan apa yang hendak kamu tawarkan untuk kebaikan di masa depan,” kataku.
“Memenuhi undangan pernikahan berbasis online, bisa gak?”

“Bisa,” kataku.
”Lalu.”
“Susun dalam bentuk permasalahan utama, pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian,” sambungku.
“Wah aku gak fokus.”
“Buka modul deh,” tempasku.
“Sebentar, beginikah?”
“Ku koreksi dulu,” kataku.
“Baik.”
“Sekarang lacak di Google Scholar apakah udah ada penelitian sebelumnya tentang hal itu,” kataku.
“Ok.”
“Giman ada gak,” tanyaku.
“Gak ada. Ada juga aplikasi online undangan pernikahan.”
“Baguslah, jadikan hasil penelitian terdahulu itu sebagai pembanding untuk penelitian sekarang yang akan dilakukan,” jelasku.
“Oke, beginikah?”
“Gunakan Mendeley untuk pengutipan,” kataku.
“Gak paham.”
“Buka tutorial di Youtube untuk instalasi Mendeley,” terangku.
“Tunggu.”
“Ok,” kataku.
“Kalo udah pake Mendeley gimana?”
“Buat kerangka berpikir,” kataku.
“Haduh gimana.”
“Tujuan kamu kan mau mengajukan ide untuk memenuhi undangan berbasis online. Nah buat alur proses bisnisnya mulai dari permulaan sampai tujuan akhir,” kataku.
“Wah lanjut nanti aja ya.”
“Sip, jaga kesehatan,” sahutku.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Editorial Team

Baca Lainnya

Jangan Ragu, Yuk Submit Artikel

1 Februari 2023 - 13:19

Hindari 9 Kesalahan Kecil dalam Menulis Skripsi Biar Cepat Lulus

27 Desember 2022 - 13:29

Ruang Berbagi, Latihan Makalah dan Publikasi

7 April 2022 - 15:28

Keutamaan Artikel

22 Maret 2022 - 16:10

Aku, Mahasiswa dan Proses Kreatif Menulis

17 Februari 2022 - 19:09

7 Kiat Sukses Penerbitan Artikel Mahasiswa

5 Februari 2022 - 14:56

Trending di Nulis