Cocok untuk Tempat Healing dan Liburan! 10 Destinasi Wisata Alami di Garut

- Editorial Team

Minggu, 2 Juli 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SUNANGUNUNGDJATI.COM – Mau berlibur ke Garut? Garut merupakan kabupaten yang terletak tidak jauh dari kota Bandung. Kota ini sudah cukup dikenal sejak zaman kolonial sebagai salah satu tujuan istirahat.

Tempat wisata di Garut cukup beragam, mulai dari wisata air panas, wisata air terjun, wisata gunung, sampai wisata pantai di Garut semuanya tersedia. Akses menuju Garut dari dari Bandung cukup mudah, hanya sekitar 2 jam saja anda sudah bisa sampai.

Tujuan wisata populer di kota Garut mulai dari gunung, sampai dengan pantai. Tapi karena areanya yang luas, sepertinya tidak mungkin untuk bisa mengunjungi semua tempat wisata di Garut dalam 1 hari saja.

Berikut ini adalah info seputar tempat wisata di Garut yang telah kami kumpulkan. Silahkan simak langsung saja ya.

1. Wisata Cipanas Garut

Daerah wisata Cipanas Garut menawarkan wisata pemandian air panas alami. Disini anda bisa menikmati air panas yang bersumber langsung dari gunung api aktif, Gunung Guntur.

Anda bisa menikmati berendam air panas, berenang, dan juga bermain water boom di berbagai pemandian yang tersedia disana. Terdapat banyak hotel yang bisa jadi pilihan menginap di Cipanas Garut.

2. Kompleks Wisata Darajat Garut

Kompleks wisata Puncak Darajat terletak tidak begitu jauh dari pusat kota, dan cukup mudah untuk di jangkau. Disini anda bisa menikmati wisata air panas alami di ketinggian perbukitan yang hijau. Sensasinya cukup berbeda dengan Cipanas, yang terletak di daerah yang lebih rendah.

Anda bisa berenang, bermain di water boom, ataupun sekedar berendam air panas di ketinggian. Terkadang sambil diselimuti kabut dingin.

3. Karacak Valley

Karacak Valley terhitung masih baru. Tempat liburan di Garut ini berupa hutan pinus dan kebun kopi yang dikelola menjadi tujuan wisata alam di Garut yang unik.

Lokasinya sendiri berada di wilayah kecamatan Garut Kota, sehingga tidak begitu jauh dan cukup mudah dijangkau wisatawan.

4. Kampung Naga

Kampung Naga adalah salah satu kampung adat di Jawa Barat yang cukup terkenal. Secara administrasi, Kampung Naga sebenarnya masuk ke wilayah kabupaten Tasikmalaya. Namun lokasinya cukup dekat dari Garut. Karena hal ini juga, banyak yang mengira Kampung Naga masuk ke wilayah Garut.

Di Kampung Naga, suasananya masih terjaga asri. Anda bisa menemukan kondisi alami yang serasi dengan alam, belajar budaya masyarakat Sunda yang masih terjaga, sekaligus melepas penat.

5. Kawah Talaga Bodas

Terletak di Kecamatan Wanaraja, Kawah Talaga Bodas merupakan danau kecil yang terbentuk di atas kawah bekas letusan Gunung Talagabodas. Tempatnya mirip dengan Kawah Putih di Bandung, hanya saja relatif masih asli.

Anda tidak perlu treking atau naik gunung untuk menuju ke sini. Akses jalan sudah langsung sampai ke lokasi kawah. Hanya saja sekarang tidak bisa langsung parkir di pinggir kawahnya. Sekarang, anda harus parkir di area yang tersedia, kurang lebih 1 KM sebelum kawah.

6. Kawah Kamojang

Berada di perbatasan Garut – Bandung, kawah Kamojang bisa anda jadikan alternatif tujuan wisata. Rutenya masih satu jalur dengan Kampung Sampireun dan juga Kebun Mawar Situhapa.

Meskipun namanya kawah, tapi di sini tidak terdapat kawah biasa, lebih berupa uap panas bumi yang keluar dari area-area tertentu. Disini kita bisa berkeliling area, berendam air panas, dan lain sebagainya.

7. Kampung Sampireun

Kampung Sampireun Resort and Spa adalah salah satu resort ekslusif di Garut. Tempat ini banyak menjadi tujuan wisatawan asing ataupun domestik. Kampung Sampireun juga menjadi salah satu destinasi honeymoon di Garut yang sudah terkenal, baik di luar ataupun dalam negeri.

Disini kita bisa menginap di resort yang alami dan indah disekitar danau, menikmati budaya sekitar, dilengkapi dengan pelayanan yang ekslusif banget.

Lokasi Kampung Sampireun berada satu arah dengan Kawasan Kawah Kamojang. Anda tinggal arahkan kendaraan ke rute Garut – Samarang, lalu belok kanan ke arah Kamojang. Letaknya kurang lebih 5 KM dari pertigaan jalan Samarang- Kamojang.

8. Kebun Mawar Situhapa

Tidak jauh dari Kampung Sampireun juga terdapat Kebun Mawar Situhapa. Letaknya hanya beda kurang lebih 1 Km saja.

Disini anda bisa menikmati kebun mawar yang luas, restoran, dan panorama alam serta udara yang segar. Jika beruntung berkunjung saat mawar sedang mekar, pemandangannya akan indah sekali.

9. Kamojang Ecopark

Kamojang Ecopark terhitung tempat wisata di Garut yang masih baru. Lokasinya berada di kawasan Kamojang, tidak jauh dari gerbang batas wilayah Garut – Bandung.

Kamojang Ecopark bisa jadi alternatif temppat wisata selain kawah kamojang yang sudah lebih awal dikenal.

10. Kamojang Green Hotel and Resort

Kamojang Green Hotel and Resort terletak sebelum Kampung Sampireun, kurang lebih 3 KM dari pertigaan jalan Samarang – Kamojang. Tempat ini terhitung baru dibuka, tapi sudah cukup lumayan diminati sebagai pilihan resort menginap yang ekslusif di Garut.

Suasananya juga alami, dengan tatanan lokasi yang bagus banget.

Pos Terkait

Alhamdulillah Dapat 110.553 Formasi CASN, Menag Ucapkan Terima Kasih kepada Presiden
Begini Kisah Duo Srikandi, Siaga Bantu Jemaah Haji di Nabawi
Ayo Merapat ke Djatimart, Tempat Belanja Keperluan Sehari-hari Mahasiswa UIN Bandung
Perkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi, Prodi Akuntansi Syariah UIN Bandung Teken Kerja Sama dengan UIN Yogyakarta
Ingat! Jemaah Dilarang Bentangkan Spanduk dan Bendera di Tanah Suci
Ayo Ikutan CPNS 2024, Kemenag Siapkan 1.378 Formasi Khusus IKN
Ayo Ikutan Seleksi Pendaftaran Beasiswa Maroko 2024. Ini Jadwal dan Tahapannya
Prodi Akuntansi Syariah UIN Bandung Teken Kerja Sama dengan UIN Semarang

Pos Terkait

Kamis, 30 Mei 2024 - 22:16 WIB

Alhamdulillah Dapat 110.553 Formasi CASN, Menag Ucapkan Terima Kasih kepada Presiden

Senin, 27 Mei 2024 - 10:09 WIB

Begini Kisah Duo Srikandi, Siaga Bantu Jemaah Haji di Nabawi

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:30 WIB

Ayo Merapat ke Djatimart, Tempat Belanja Keperluan Sehari-hari Mahasiswa UIN Bandung

Rabu, 22 Mei 2024 - 16:34 WIB

Perkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi, Prodi Akuntansi Syariah UIN Bandung Teken Kerja Sama dengan UIN Yogyakarta

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:03 WIB

Ingat! Jemaah Dilarang Bentangkan Spanduk dan Bendera di Tanah Suci

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:29 WIB

Ayo Ikutan CPNS 2024, Kemenag Siapkan 1.378 Formasi Khusus IKN

Rabu, 15 Mei 2024 - 10:15 WIB

Ayo Ikutan Seleksi Pendaftaran Beasiswa Maroko 2024. Ini Jadwal dan Tahapannya

Senin, 13 Mei 2024 - 23:51 WIB

Prodi Akuntansi Syariah UIN Bandung Teken Kerja Sama dengan UIN Semarang

Pos Terbaru