7 Khasiat Sumur Keramat Sunan Gunung Jati yang Tersembunyi

(SUNANGUNUNGDJATI.COM)– Sunan Gunung Jati selain dikenal alim dan juga penyebar agama Islam di Tatar Pasundan dikenal juga dengan karomah dan kesaktiannya.

Makam Sunan Gunung Jati tidak pernah sepi dari peziarah, bukan hanya dari warga sekitar melainkan dari seluruh penjuru Nusantara yang menziarahinya.

Disamping para peziarah datang untuk berziarah ke makam Sunan Gunung Jati, banyak juga diantaranya untuk mencari berkah dengan mandi di sumur Kramat peninggalan Sunan Gunung Jati.

Dan akan kurang lengkap rasanya apabila berkunjung ke situs sejarah makam Sunan Gunung Jati, tidak menyambangi tujuh sumur yang konon dianggap keramat.

Ketujuh sumur Kramat Gunung Jati ini memiliki filosofi sendiri-sendiri, dari bermacam-macam sumur memiliki khasiat sendiri-sendiri.

Salah satunya yaitu berkhasiat memulihkan kesehatan, kesejahteraan hidup hingga urusan asmara dan penghasilan, penglarisan juga tidak jarang pejabat yang akan mencalonkan diri jadi wakil rakyat datang untuk meminta berkah dengan mandi di sumur ini.

Tujuh sumur Kramat ini sering digunakan langsung oleh para peziarah untuk mengelap berkah dan khasiat dengan mandi di 7 sumur ini yang dikenal dengan bahasa Jawa ‘adus Pitung Sumur’

nilah ketujuh sumur keramat peninggalan Sunan Gunung Jati.

1. Sumur Jati Mulya.

Sumur Jatimulya arti kata Jatimulya juga bisa diartikan sebagai hakikat dalam artian manusia.

Manusia selain hidup sebagai makhluk jasad atau fisik, manusia juga sebagai makhluk batin atau rohaniah di mana dalam kehidupan mereka tidak hanya berperan di hadapan sesama melainkan dihadapan Allah subhanahu Wa ta’ala.

2. Sumur Kasepuhan

Sumur kasepuhan ini berarti sumur yang sudah tua atau sepuh yang memiliki berkah sebagai wasilah pemberi lindungan dan pemenuhan berkah.

Adapun karakter tua ini bisa dianalogikan sebagai teladan dan kepemimpinan sehingga tidak heran jika mendekati pemilu atau pemilihan kuwu sumur ini menjadi tempat tujuan.

Sumur ini sering dikunjungi oleh para caleg, para calon kepala daerah bahkan para calon Kuwu yang akan bertarung pada pemilihan.

3. Sumur Kanoman

umur Kanoman ini berbeda dengan sumur kasepuhan, sumur Kanoman berarti sumur yang muda di mana sifat yang melekat pada sumur ini ialah sifat rendah hati dan tawadhu yang jauh dari sifat-sifat adigung seperti takabur sombong dan lain-lain.

4. Sumur Kamulyan

Sumur kemulyan secara maknawi sumur ini adalah gabungan dari ketiga sumur, yaitu sumur jalatunda sumur Tegang Pati dan sumur kejayaan.

Di mana seseorang yang mendalami ketiga unsur tersebut akan diangkat derajatnya oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

5. Sumur Jalatunda

Sumur jalatunda dipercaya memiliki makna bahwa manusia ketika hendak melakukan sesuatu perbuatan baik janganlah ditunda-tunda.

Karena kita tidak tahu kapan akan meninggal dunia dan menghadap sang pencipta.

6. Sumur Tegang Pati

Sumur Tegang Pati sebagai sumber penghilang sifat sifat buruk seperti dengki Riya ujub sombong dan

7. Sumur Kejayaan

Sumur ini dipercaya dapat bertuah keselamatan dan perlindungan diri dari berbagai bentuk serangan jahat dan nasib buruk.

Terlebih sumur ini memiliki makna barang siapa yang hendak menjauhkan diri dari segala kemaksiatan dan hanya berpegang teguh kepada Allah subhanahu Wa ta’ala berarti orang tersebut akan jaya.

Apabila jika menjelang momen-momen besar ke-7 sumur ini akan padat oleh pengunjung yang berebut mengharapkan berkah.

Apalagi Ke tujuh sumur ini tidak pernah mengering mesti pada musim paceklik panjang sehingga masyarakat sendiri dan banyak pengunjung yang datang tidak kekurangan air.

Itulah ketujuh sumur yang berada dilingkungan pemakaman Sunan Gunung Jati, yang di lansir Portal Majalengka dari Kanal YouTube Nurhasanah Wahib, yang diunggah pada tanggal 8 Agustus 2020.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button