Yang Udah Tercapai dan Yang Masih Tersisa

- Editorial Team

Minggu, 21 Mei 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Wahyudin Darmalaksana, Founder Kelas Menulis di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

SUNANGUNUNGDJATI.COM

Kami bersama mahasiswa berusaha mencapai target sesuatu. Target yang kami canangkan adalah mencipta “model pendahuluan artikel ilmiah.”

Kenapa? Pernah ada ungkapan di salah satu laman berbahasa Inggris bunyinya bila diterjemahkan begini: “Para penulis dunia global sepakat bahwa membuat pendahuluan merupakan pekerjaan terberat dalam penulisan artikel ilmiah.”

Kami bersama mahasiswa sudah biasa membuat makalah. Ternyata setelah kami bandingkan antara pendahuluan makalah (yang biasa kami buat) dan pendahuluan artikel ilmiah (yang terbit di jurnal) memang sangat jauh berbeda.

Kami memutuskan untuk memahami struktur pendahuluan artikel ilmiah. Artikel demi artikel kami pelajari. Kami menemukan bahwa pendahuluan artikel ilmiah mirip atau persis proposal penelitian. Bahkan, tidak ada bedanya, pendahuluan artikel ilmiah dan proposal penelitian boleh dibilang itu-itu juga.

Dari situ, perlahan kita geser dari kebiasaaan menulis “pendahuluan makalah” menjadi berusaha menulis “pendahuluan artikel ilmiah.” Hasilnya, mahasiswa bisa membuat pendahuluan artikel ilmiah sekarang ini.

Saat ini, mahasiswa sudah punya model penulisan pendahuluan artikel ilmiah yang tidak lain adalah proposal penelitian. Inilah yang udah tercapai dari target yang kami canangkan.

Dampak lanjutannya adalah mahasiswa secara langsung atau tidak langsung makin terlatih membuat proposal penelitian, meskipun sebuah penelitian kecil (mini research).

Apa yang tersisa? Yang tersisa ada beberapa hal. Pertama, latihan menyajikan hasil penelitian yang merupakan “hasil bersih” penggunaan metode yang diterapkan dalam penelitian.

Kedua, latihan mendiskusikan hasil penelitian. Hal ini meliputi interpretasi hasil utama dengan menggunakan teori (tinjauan pustaka), membandingkan hasil temuan sekarang dengan hasil penelitian terdahulu, dan memastikan implikasi temuan penelitian secara general.

Dua hal itulah pekerjaan kami bersama mahasiswa yang masih tersisa. Meskipun begitu, artikel-artikel mahasiswa sudah mulai tembus jurnal terakreditasi nasional.

Pos Terkait

Cinyasag Tempo Dulu: Belajar Semangat Kebangkitan Nasional dari Monumen Panji Siliwangi
Inilah Ranking dan Positioning PTKIN
Benarkah Iblis Bertauhid?
Inilah Doa Pelepasan Jemaah Haji
Islam dan Budaya Lokal
Hasan Mustapa: Sosok Ulama Sunda
Teologi Tulang Rusuk
6 Etika Silaturrahim

Pos Terkait

Selasa, 21 Mei 2024 - 08:53 WIB

Cinyasag Tempo Dulu: Belajar Semangat Kebangkitan Nasional dari Monumen Panji Siliwangi

Senin, 20 Mei 2024 - 14:37 WIB

Inilah Ranking dan Positioning PTKIN

Jumat, 17 Mei 2024 - 11:40 WIB

Benarkah Iblis Bertauhid?

Selasa, 14 Mei 2024 - 08:48 WIB

Inilah Doa Pelepasan Jemaah Haji

Jumat, 3 Mei 2024 - 15:30 WIB

Islam dan Budaya Lokal

Sabtu, 27 April 2024 - 15:14 WIB

Hasan Mustapa: Sosok Ulama Sunda

Selasa, 23 April 2024 - 16:28 WIB

Teologi Tulang Rusuk

Kamis, 18 April 2024 - 07:30 WIB

6 Etika Silaturrahim

Pos Terbaru