Peta Pertarungan Politik Jelang Pilpres 2024

- Editorial Team

Selasa, 2 Mei 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Mamat Muhammad Bajri, M.Ag | Ketua Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Muhajirin Purwakarta.

SUNANGUNUNGDJATI.COM

Pertarungan politik menjelang pilpres 2024 mesin parpol sudah mulai panas, beberapa elit politik sudah melakukan serangkaian konsolidasi politik dengan bungkusan silaturahmi lebaran untuk mendapatkan tiket mengikuti kontestasi ritual lima tahunan termasuk mendekati para ulama demi mendapatkan restu. Ketika elit politik mulai mendekati ulama, itu menandakan lonceng pemilu sudah sangat dekat.

 

Waktu yang tersisa enam bulan merupakan serangkaian untuk melakukan manuver politik bagi para elit politk yang ingin mendapatkan kekuasaan. Ada elit politik seperti prabowo subianto yang hari ini menjadi menteri pertahanan Republik indonesia semakin gencar melakukan pendekatan ke parpol penguasa dan ulama untuk mengikuti bursa pilpres 2024, walaupun sudah beberapa kali mengikuti perhelatan pilpres, tetapi keinginan untuk maju kembali menjadi kandidat presiden tidak akan terbendung lagi,

Memang ada beberapa saran dari pengamat supaya prabowo tidak mencalonkan lagi dalam perhelatan pilpres 2024, cukup jadi negarawan saja, tetapi publik tidak bisa menghalangi warga negara yang ingin menjadi kepala negara karena sudah diatur dalam undang-undang
Sinyal prabowo mencalonkan kembali sudah diprediksi sejak lama karena prabowo semakin mesra dengan penguasa dan parpol penguasa dan masuk dalam lingkaran kekuasaan, dan membentuk koalisi Indonesia raya kebangkitan indonesia dengan partai kebangkitan bangsa, hanya di koalisi ini belum ada sinyal untuk menjadikan cak imin menjadi cawapresnya prabowo, masih hitung-hitungan politik dalam koalisinya.

Koalisi Indonesia bersatu yang terdiri dari Golkar, PAN dan PPP dari Awal akan mencalonkan airlangga, tetapi PPP justru mencalonkan Ganjar dari PDI-P, sehingga koalisi ini menjadi berantakan, walaupun para pimpinan parpolnya mengklaim masih solid, tetapi sejak awal PPP ingin kerjasama politik dengan partai penguasa. PPP ingin menyodorkan Sandiaga uno untuk berpasangan dengan Ganjar, sinyal itu terlihat jelas ketika sandiaqa uno yang merupakan menteri ekonomi kreatif mengundurkan diri dari partai Gerindra yang telah membesarkan namanya dalam kancah perpolitikan nasional dan berhasrat untuk menaikan posisi politiknya.

Koalisi Indonesia raya kebangkitan indonesia dan Koalisi indonesia bersatu hakekatnya adalah orang-orang Jokowi dan semuanya berada dalam lingkaran kekuasaan. Jika koalisi indonesia bersatu tidak bisa mencapreskan airlangga, maka tidak menutup kemungkinan Airlangga akan merapat ke gerindra dengan melakukan bargaining politik dengan meminta menjadi cawapres prabowo, sedangkan posisi PAN bisa saja masuk ke dalam gerbongnya prabowo atau ke gerbongnya PDI-P. PAN sedang menghitung ulang untung rugi secara politik, apakah masuk ke koalisi Prabowo atau ke koalisi PDI-P.

Posisi jokowi yang memegang kendali kekuasaan dan desain maker diantara dua koalisi plus koalisi PDI-P tidak akan mempermasalaahkan siapa pun juga presiden yang akan terpilih 2024 diantara dua koalisi plus PDI-P. Jokowi hanya berkepentingan supaya Legacy yang akan ditinggalkan pada tahun 2024 bisa diteruskan oleh rang-orang yang berada di lingkarannya atau orang terdekatnya.

Gubernur DKI 2018-2022 anies Baswedan yang telah didukung oleh koalisi perunbahan yang di dalamnya Nasdem yang memiliki 55 Kursi, PKS 50 kursi dan Demokrat 54 Kursi di parlemen sudah masuk ambang batas presidential Threshold memiliki tiket untuk mencalonkan anies basweddan, jika 3 parpol pengusungnya konsisten dan tidak berubah haluan sampai batas akhir pendaftaran ke KPU di bulan september-Oktober
Anies basweddan yang sering disebut memiliki elektabilitas tinggi di masyarakat walaupun lembaga survei selalu menempatkan anies pada posisi ke 3 tetapi tidak menutup kemungkinan lembaga survei hanya menggiring opini publik untuk memenangkan capres tertentu, karena lembaga survei hanya mengambil sample di beberapa wilayah dengan responden terbatas.

Perhitungan matang anies adalah sekarang untuk menentukan siapa yang akan mendampinginya menjadi cawapresnya dan bisa meningkatkan elektabilitasnya dan bisa berpeluang menang dalam pilpres 2024, bisa jadi Khofifah indar parawansa yang merupakan Gubernur Jawa timur, karena bagaimana pun beliau memiliki masa yang kuat di wilayah jawa timur, atau mahfud Md yang memiliki pengaruh serta rekam jejak yang cukup bagus. Rasionalitas politiknya siapa yang menguasai 3 pulau jawa maka sangat besar memenangi perhelatan demokrasi lima tahunan karena pemilih terbanyak ada di pulau Jawa.

Masyarakat di kalangan terdidik melihat perhelatan demokrasi menuju perebutan kekuasaan menjelang pilpres 2024 hakekatnya adalah pertarungan kelompok istana dengan kelompok di luar istana. Hakekatnya setiap parpol akan bersikap realistis dan pragmatis karena tidak ada parpol yang memiliki ideologi terlalu kuat. Parpol akan menghitung peta kekuataannya dan yang berpotensi menang, maka itulah kalkulkasi politik yang terus dihitung oleh parpol koalisi.

Termasuk hasil lembaga pun bisa meleset hasilnya. Penentu kemenangan Kandidat presiden akan ditentukan oleh rakyat indonesia dan suara rakyat tidak bisa dilawan, termasuk jika terjadi kecurangan , maka rakyat akan melakukan perlawanan Mari kita kawal perhelatan demokrasi supaya melahirkan pemimpin yang bersih dan sehat. Selama demokrasi dijalankan dengan jujur, adil, sehat maka akan melahirkan pemimpin yang sehat pula, selama demokrasi tidak berjalan dengan sehat, maka akan melahirkan pemimpin yang tidak sehat.

Pos Terkait

Inilah Jejak Masa Kejayaan Sekolah Bersejarah Tamansiswa di Cirebon
7 Langkah Penguatan Kurikulum Glokalisasi Ala ICCL UIN Surakarta
Ayo Kuliah Lapangan Teologi Lingkungan Bareng Mahasiswa UIN Bandung di Pesantren Ath Thaariq
Inilah Kisah Sunan Gunung Jati Islamkan Patih dan Banyak Warga di China Lewat Kesaktiannya
Miris! Begini Kondisi Gedung Kesenian Cirebon
Inilah 5 Peninggalan Sunan Gunung Jati yang Perlu Diketahui
2 Cara Optimalisasi Tools untuk Menulis. Yuk Kuasai Microsoft Word dan Mendeley!
Selamat Lebaran dalam Bahasa Sunda

Pos Terkait

Kamis, 20 Juni 2024 - 11:57 WIB

Inilah Jejak Masa Kejayaan Sekolah Bersejarah Tamansiswa di Cirebon

Selasa, 4 Juni 2024 - 08:25 WIB

7 Langkah Penguatan Kurikulum Glokalisasi Ala ICCL UIN Surakarta

Rabu, 29 Mei 2024 - 13:33 WIB

Ayo Kuliah Lapangan Teologi Lingkungan Bareng Mahasiswa UIN Bandung di Pesantren Ath Thaariq

Selasa, 28 Mei 2024 - 07:32 WIB

Inilah Kisah Sunan Gunung Jati Islamkan Patih dan Banyak Warga di China Lewat Kesaktiannya

Minggu, 19 Mei 2024 - 13:40 WIB

Miris! Begini Kondisi Gedung Kesenian Cirebon

Kamis, 2 Mei 2024 - 14:29 WIB

Inilah 5 Peninggalan Sunan Gunung Jati yang Perlu Diketahui

Rabu, 24 April 2024 - 16:35 WIB

2 Cara Optimalisasi Tools untuk Menulis. Yuk Kuasai Microsoft Word dan Mendeley!

Kamis, 11 April 2024 - 13:55 WIB

Selamat Lebaran dalam Bahasa Sunda

Pos Terbaru