Menu

Mode Gelap

Edukasi · 2 Jan 2023 ·

Keren! Mahasiswa UIN Bandung Raih Juara 1 Lomba Pidato Tingkat Nasional


 Keren! Mahasiswa UIN Bandung Raih Juara 1 Lomba Pidato Tingkat Nasional Perbesar

SUNANGUNUNGDJATI.COM-

Bandung, Di masa pandemi Covid-19 dan New Normal saat ini beragam event perlombaan dilaksanakan secara virtual (online). Kondisi tersebut mendorong mahasiswa UIN SGD Bandung untuk mengikuti dan menjuarai perlombaan tersebut. Hal ini ditunjukkan oleh Sahrul Adimiharja dan Rizki Achmad Nugraha, mahasiswa Semester 7 dan Semester 3 Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang berhasil meraih Juara 1 dan 2 Lomba Pidato Tingkat Nasional pada acara EL-FURQON 2022 yang diselenggarakan oleh HMP Ilmu Al-Qur’an & Tafsir UNIDA GONTOR.

Kegiatan EL-FURQON ini dimulai pada tanggal 20 November sampai 30 Desember 2022 dengan diikuti peserta mahasiswa D3/D4/S1 dari seluruh universitas se-Indonesia. Para peserta mengikuti kegiatan ini secara virtual, yaitu dengan mengirimkan video pidato ke panitia dengan durasi tampil 5-7 menit. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengambil salah satu dari tiga tema berikut: 1) Degradasi Moral dalam Pergaulan, 2) 2. Optimalisasi Peran dan Aksi Generasi Muda dalam Menghadapi 5.0, dan 3) Membangun Generasi Islam untuk Menghadapi Modernisasi Dunia.

Peserta yang menjadi juara di kegiatan EL-FURQON disampaikan pada tanggal 30 Desember 2022 melalui zoom meeting. Raihan juara ini disambut gembira oleh Sahrul dan Rizki.

“Alhamdulillah, saya berhasil meraih Juara 1 dan Rizki meraih juara 2 Lomba Pidato tingkat Nasional pada kegiatan EL-FURQON 2022 dari total 19 peserta,” jelas Sahrul.

Dengan mengikuti EL-FURQON 2022, Sahrul berharap bisa menjadi perwakilan mahasiswa Jurusan KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam mengamalkan, mengamankan dan melestarikan keahlian public speaking melalui beragam kegiatan perlombaan dan tahap lanjutnya bisa mempraktekkan kemampuan tabligh secara langsung di masyarakat.

“Saya yakin dengan mengikuti kompetisi dakwah digital (virtual) melalui kegiatan Lomba EL-FURQON 2022 di UNIDA Gontor ini saya bisa ikut berkontribusi nyata untuk memajukan masyarakat khususnya di bidang dakwah,” ungkap Sahrul.

Prestasi mahasiswa tersebut diapresiasi dengan baik oleh Jurusan KPI. Dr. H. Aang Ridwan, M.Ag, Ketua Jurusan KPI menyampaikan bahwa mengikuti perlombaan akan mengasah kemampuan peserta di bidang khithobah atau ceramah yang merupakan salah satu ranah kompetensi mahasiswa KPI yaitu ahli dalam bidang public speaking.

“Saat ini mahasiswa di Jurusan KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung perlu terus didorong untuk aktif dan berminat dalam mengembangkan diri di bidang ceramah/pidato, termasuk semangat dalam mengikuti berbagai kegiatan perlombaan. Dengan mengikuti lomba skill dan kemampuan mereka akan semakin terasah,” ungkap Aang Ridwan (02/01/2023).

Dr. H. Uwes Fatoni, Sekretaris Jurusan KPI UIN SGD Bandung juga turut menyambut prestasi mahasiswa KPI ini. Ia berharap semoga prestasi yang diraih kedua mahasiswa tersebut bisa terus ditingkatkan dari waktu ke waktu dan mudah-mudahan menjadi motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa lainnya.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Editorial Team

Baca Lainnya

Tingkatkan Tracer Study, Pusat Karier UIN Sunan Bandung Terima Kunjungan dari UIN Malang

8 Februari 2023 - 20:05

Dirjen Pendis: Biar Keren dan Miliki Halo Effect, Humas Harus Cerdas Kelola Informasi

6 Februari 2023 - 23:58

Top! 3.290 Calon Petugas Haji Ikuti CAT dan Wawacara Tingkat Provinsi

31 Januari 2023 - 21:22

Wafatnya Sang Calon Profesor Pertama Alumnus La Tansa

24 Januari 2023 - 19:11

20 Kampus Islam Negeri Terbaik Indonesia, Referensi SNPMB 2023. No 1 UIN Bandung

22 Januari 2023 - 21:59

3 Langkah Mudah Welas Asih Pada Diri Sendiri

15 Januari 2023 - 09:05

Trending di Edukasi