Inilah 5 Cara Tingkatkan Tata Kelola Gesit Ala UIN Bandung

- Editorial Team

Jumat, 12 Mei 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Wahyudin Darmalaksana, Dekan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

SUNANGUNUNGDJATI.COM

Agile governance (“tata kelola yang gesit”) diartikan sebagai kemampuan organisasi untuk merespon secara cepat perubahan yang tak terduga dalam memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang semakin berubah (Shava Berlinda Putri, M. Husni Tamrin, Sri Wahyuni, dan Budi Rianto, 2022).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hal ini berusaha diterapkan di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020-2023 untuk sasaran karier Dosen, publikasi ilmiah Mahasiswa, prestasi Mahasiswa, jurnal reguler, dan akreditasi unggul.

1. Kenaikan Jenjang Karier Dosen

Tata Kelola melaksanakan pelayanan karier dosen. Termasuk memberikan support system untuk kenaikan jabatan fungsional (akademik), pangkat, dan golongan melalui penghitungan poin angka kredit. Pada sisi ini, kebijakan mengarahkan assistant professor menuntaskan studi doktor dan associate professor mengupayakan pencapaian profesor penuh.

Sekaligus optimalisasi Tri Dharma Pendidikan Tinggi (pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat), dan aktivitas penunjang.

2. Publikasi Ilmiah Mahasiswa

Didirikan pusat bantuan untuk mengembangkan kapasitas kemampuan keterampilan mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah. Sehingga artikel mahasiswa memiliki kelayakan terbit di jurnal nasional dan jurnal internasional. Di dalam agenda ini mahasiswa dilatih berpikir kritis, prosedur penulisan karya ilmiah, presentasi paper dengan bahasa asing di ajang konferensi, dan korespondensi berbasis open system.

Pada gilirannya semasa kuliah mahasiswa mempunyai pengalaman publikasi artikel di jurnal ilmiah melalui kemitraan bersama dosen.

3. Prestasi Akademik Mahasiswa

Pendataan prestasi akademik mahasiswa sebagai asset untuk mengispirasi pencapaian prestisius, pembinaan, pendampingan, dan hingga peraihan penghargaan dan anugerah. Pencapaian prestasi akademik mahasiswa diarahkan berbasis kompetensi dan keahlian sesuai bidang program studi. Pada gilirannya tercapai berbagai prestasi akademik mahasiswa tingkat nasional, regional, dan internasional.

Perstasi ini berperan besar bagi pemenuhan surat keterangan pendamping ijazah (SKPI).

4. Manajemen Jurnal Reguler

Pengelolaan jurnal ilmiah berkala (regular) dilaksanakan untuk mengakses isu aktual strategis, diseminasi hasil riset, dan pengelolaan pengetahuan (knowledge management). Setiap program studi memiliki dan mengembangkan jurnal ilmiah. Seluruh jurnal ilmiah diarahkan untuk melaksanakan akreditasi nasional dan hingga mengupayakan level internasional reputasi global.

5. Akreditasi Peringkat Unggul

Terakhir, program studi mengupayakan akreditasi dengan peringkat unggul sebagai barometer pelaksanaan akademik yang berkualitas. Keunggulan diraih melalui akumulasi proses akademik, evaluasi diri, dan mitigasi risiko. Setiap pemangku program studi merupakan manager yang mengupaykan akses terbuka secara luas bagi masyarakat untuk memperoleh kesempatan mendapat layanan di pendidikan tinggi berkualitas. Segenap struktur memastikan teratasinya kendala-kendala dalam upaya meraih penilaian akreditasi unggul bagi masing-masing program studi.

Tata kelola yang gesit (agile governance) dengan nilai-nilai inti Leadership, Service excellence, dan Collaboration menjadi semangat untuk mengusung tujuan bersama yang menjadi indikator kinerja Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020-2023. Hasil capaian “agile governance” ini akan dihitung pada akhir Tahun 2023.

 

Pos Terkait

Proposal Penelitian itu Pendahuluan Karya Ilmiah
Bagenda Ali sareng Rakyan Sancang
Bagaimana Membuat Tulisan Renyah dan Enak Dibaca?
Yuk Mahasiswa Merapat! Inilah Peluang Proyek Penulisan Akademik Kontinum
Islam dan Kekuasaan Sunda
Semasa Kuliah Mahasiswa Harus Ikuti Proyek Penulisan Akademik Kontinum
Inilah 3 Cara Cepat Menulis Karya Ilmiah
Yuk Ikuti Tips dan Trik Menulis Latar Belakang

Pos Terkait

Senin, 29 Januari 2024 - 15:18 WIB

Proposal Penelitian itu Pendahuluan Karya Ilmiah

Jumat, 19 Januari 2024 - 09:24 WIB

Bagenda Ali sareng Rakyan Sancang

Jumat, 12 Januari 2024 - 08:59 WIB

Bagaimana Membuat Tulisan Renyah dan Enak Dibaca?

Rabu, 10 Januari 2024 - 09:34 WIB

Yuk Mahasiswa Merapat! Inilah Peluang Proyek Penulisan Akademik Kontinum

Kamis, 4 Januari 2024 - 13:14 WIB

Islam dan Kekuasaan Sunda

Sabtu, 30 Desember 2023 - 16:35 WIB

Semasa Kuliah Mahasiswa Harus Ikuti Proyek Penulisan Akademik Kontinum

Kamis, 28 Desember 2023 - 16:37 WIB

Inilah 3 Cara Cepat Menulis Karya Ilmiah

Sabtu, 23 Desember 2023 - 16:42 WIB

Yuk Ikuti Tips dan Trik Menulis Latar Belakang

Pos Terbaru

Reliji

Ingat! Sidang Isbat Awal Ramadan Digelar 10 Maret 2024

Senin, 19 Feb 2024 - 23:42 WIB

Hikmah

Isra Mikraj, Komitmen Keimanan dan Kesalehan Sosial

Minggu, 11 Feb 2024 - 10:02 WIB