Menu

Mode Gelap

Hikmah · 25 Jan 2023 ·

5 Cara Menjaga Persahabatan


 5 Cara Menjaga Persahabatan Perbesar

SUNANGUNUNGDJATI.COM

Oleh: AHMAD SAHIDIN, penulis buku Tanda-Tanda Kiamat Mendekat

Hampir setiap orang pasti memiliki sahabat. Sejak manusia lahir ke dunia pun pasti memiliki sahabat. Seorang lelaki menjadi sahabat dekat bagi perempuan ketika sudah menikah. Suami adalah sahabat istri dan istri adalah sahabat suami. Seorang anak merupakan sahabat orangtuanya. Orangtua juga merupakan sahabat bagi anaknya. Seorang anak yang bermain dengan anak tetangga menjadi bagian dari persahabatan.

 

Ketika mulai masuk sekolah pun seorang anak pada dasarnya bersahabat dengan anak-anak yang berada dalam satu sekolah. Hubungan antara satu anak dengan anak lainnya di luar sekolah pun sama bisa dikatakan persahabatan. Karena itu, persahabatan tidak bersifat sempit malah lintas budaya, adat, dan agama.

Memang ada pepatah bilang bahwa seribu sahabat masih kurang dan musuh satu terlalu banyak. Dari pepatah itu kita harus memahami musuh atau permusuhan menutup ruang gerak dan membuat kita berpikiran buruk. Karena itu, daripada memiliki musuh lebih baik mencari sahabat sebanyak-banyaknya. Namun kemudian yang persoalannya adalah bagaimana mempertahankan persahabatan tersebut sehingga tercipta kehidupan yang saling menghormati, menghargai, dan terjalin persatuan di negeri Indonesia ini?

Berikut ini ada sedikit tips agar kita tetap dapat menjalin persahabatan dengan orang-orang terdekat.

Pertama, jadilah pendengar yang baik buat sahabat-sahabatmu. Jangan pernah bersikap menggurui sahabatmu. Memberi masukan atau nasihat kepada sahabatmu boleh-boleh saja, tetapi dengan cara dan waktu yang terbaik. Jangan sampai memberi nasihat saat sahabatmu marah, pasti tidak akan diterima malah akan menimbulkan putusnya persahabatan.

Kedua, pahami bahwa setiap orang memiliki pribadi yang unik, khas, dan berbeda. Karena itu, cobalah untuk mengerti bagaimana karakter sahabatmu. Hormati pendapatnya meski berbeda pendapat dan keyakinan. Usahakan untuk mencari jalan tengah ketika menghadapi persoalan yang cukup berat yang menyangkut sahabatmu.

Ketiga, pelihara kepercayaan yang telah diberikan sahabatmu. Jangan pernah mengobral rahasia sahabatmu kepada orang lain. Upayakan agar dapat menjaga rahasia dan saling mengingatkan untuk tidak saling membocorkannya.

Keempat, beri dukungan dan puji sahabatmu. Upayakan untuk tidak mengungkap kesalahan dan kelemahannya. Jangan pernah merasa iri kepada sahabatmu. Berusahalah untuk merasakan bahwa kebahagiaannya dengan memberikan ucapan selamat dan memujinya. Pahami bahwa dekat bukan berarti harus bergantung satu sama lain. Berikan pertolongan secukupnya. Jaga jarak yang wajar dan mundur sedikit jika merasa pertemanan sudah terlampau dekat, bahkan menjurus pada hal-hal yang membahayakaan.

Kelima, sisihkan waktu untuk melakukan kegiatan bersama. Misalnya berolahraga bersama, main ke perpustakaan, dan saling berkunjung ke rumah, serta membantu jika memang dibutuhkannya. Jangan pernah ragu untuk meminta maaf kepada sahabat jika kita melakukan sebuah kesalahan kepadanya. Setelah itu, berusahalah untuk memperbaikinya. Begitu pula sebaliknya, berikan maaf dan lupakan kesalahannya jika ia bersalah.

Dengan menerapkannya, insya Allah persahabatan di antara sesama manusia akan terus terpelihara. Meskipun berbeda agama dan budaya, persahabatan tidak akan terputus. Persahabatan sejati akan terputus hanya dengan kematian.

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Editorial Team

Baca Lainnya

Rezeki Sehat

8 Februari 2023 - 08:45

Kedzaliman, Penyakit dan Penyembuhan

13 Januari 2023 - 09:30

Sebaik baik Sedekah

23 Desember 2022 - 13:56

Selamat Jalan Zi!

5 April 2022 - 23:05

Bulan Penguatan Tauhid

4 April 2022 - 10:08

Masyarakat Islam yang Sebenar-benarnya

17 Maret 2022 - 16:40

Trending di Hikmah