10 Rukun Wajib Artikel Jurnal Ilmiah

Wahyudin Darmalaksana, Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

SUNANGUNUNGDJATI.COM-Rukun wajib artikel adalah syarat sah artikel ilmiah. Bila artikel tidak sah maka berpengaruh kepada publikasi yang berpotensi ditolak oleh editor jurnal ilmiah.

Pertama, Niat
Meluruskan niat untuk fokus pada tujuan penelitian. Bersihkan niat dari hal-hal yang dapat merusak tujuan penelitian.

Kedua, Judul
Mencakup objek formal, objek material dan metode.

Ketiga, Abstrak
Meliputi tujuan penelitian, metode, hasil penelitian dan pembahasan, dan simpulan.

Keempat, Kata Kunci
Minimal tiga maksimal lima kata kunci disusun sesuai urutan alphabet.

Kelima, Pendahuluan
Latar belakang, kerangka berpikir, penelitian terdahulu, tinjauan pustaka, dan permasalahan utama meliputi rumusan masalah, pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, dan manfaat hasil penelitian.

Keenam, Metode Penelitian
Metodologi penelitian meliputi pendekatan dan metode, jenis dan sumber data, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan tempat serta waktu penelitian.

Ketujuh, Hasil Penelitian dan Pembahasan
Hasil penelitian berupa deskripsi data hasil pengolahan bersih data melalui metode penelitian. Gunakan gambar untuk memudahkan pembaca. Pembahasan adalah interpretasi hasil utama penelitian dilandasi referensi dari tinjauan pustaka untuk menjawab pertanyaan penelitian hingga dipastikan penelitian telah sampai pada tujuan penelitian.

Kedelapan, Simpulan
Hasil akhir penelitian, implikasi manfaat, keterbatasan, dan rekomendasi.

Kesembilan, Referensi
Minimal 10 sumber mutakhir lima tahun terakhir menerapkan aplikasi pengutipan.

Kesepuluh, Tertib
Tertib adalah melakukan rukun wajib artikel secara terstruktur. Jangan dimulai dari latar belakang agar tidak muter-muter, tetapi mulailah dari permasalahan utama termasuk di dalamnya tujuan penelitian. Lakukan penelusuran terhadap penelitian terdahulu untuk melihat kesamaan dan perbedaan. Rancang kerangka berpikir sebagai alur logis secara garis besar bejalannya penelitian. Rumuskan tinjaun pustaka yang mencakup pengertian bahasa, istilah, aspek-aspek, dan dimensi-dimensi sebuah teori yang akan dijadikan landasan teoritis dalam melakukan pembahasan. Metodologi penelitian ambil dari penelitian orang lain yang melakukan penelitian dengan topik yang sama. Baru buat latar belakang penelitian tentang apa yang akan dihadapkan kepada pembaca dan itu penting. Sajikan hasil penelitian secara apa adanya sebagai representasi fakta. Lakukan pembahasan dengan cara melakukan interpretasi terhadap hasil penelitian dengan menggunakan teori pada tinjauan pustaka. Lalu, simpulkan. Menulis abstrak dan kata kunci, dan terakhir judul. Artikel minimal 3500 karakter dan tidak lebih dari 7000 karakter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button